Thursday 9 February 2012

Thunderbolt™ Technology Menantang USB

Apakah anda mengetahui teknologi ini?? Thunderbolt yaitu teknologi I/O yang merupakan penemuan terbaru Intel [dikenali juga sebagai Light Peak]. Dengan teknologi ini, pengguna dapat mentransfer data melalui port dengan kecepatan sangat tinggi, bahkan hingga 10Gbps atau dua kali lebih baik dari USB 3.0. Thunderbolt dibuat atas kerja sama antara intel dan apple.
"Anda dapat berharap melihat sistem berbasiskan windows dengan Thunderbolt pada semester pertama 2012" - Juru bicara Microsoft Dave Salvator. Windows juga telah mendukung Windows 8 dengan teknologi Thunderbolt, jelasnya

Interface Thunderbolt ini baru saja disematkan di produk seri Macbook Pro yang terbaru. ThunderBolt ini diklaim dapat menyalurkan data lebih cepat daripada interface terdahulu. Jika dulu Apple mempunyai interface FireWire, dan gantinya sekarang Thunderbolt. Interface ini dapat menyalurkan data dengan kecepatan 20 GB per second, sebagai gambaran interface 3 hanya bisa menyalurkan data dengan kecepatan 5 GB per second, atau dua kali lipat kecepatan USB 3.0. Selain dapat menyalurkan data, interface ini juga digunakan untuk menyalurkan port Display.

Seperti kita ketahu USB dan PCI Express yang dikembangkan oleh Intel dan Apple dalam mengembangkan Firewire, perpaduan pengalaman teknologi ini melahirkan Thunderbolt yang merupakan interface terbaru yang lebih fleksibel. Thunderbolt meskipun kecil tapi sebenarnya mempunyai dua buah interface yaitu PCI Express dan Display Port. Dengan adanya unsur PCI Express pada Thunderbolt, maka perangkat yang sudah mempunyai Thundebolt dapat dihubungkan pada external device seperti RAID System dan Video Capture. Kemudian karena mengandung Display Port juga, Thunderbolt bisa menyalurkan video dengan standard High Definition [HD/HDMI].


Beberapa feature dari Thunderbolt adalah sebagai berikut:

  • Dual-channel 10 Gbps per port
  • Bi-directional
  • Dual-protocol (PCI Express* and DisplayPort*)
  • Compatible with existing DisplayPort devices
  • Daisy-chained devices
  • Electrical or optical cables
  • Low latency with highly accurate time synchronization
  • Uses native protocol software drivers
  • Power over cable for bus-powered devices

Lalu apa Kelebihan yang ditawarkan dari produk ini?
Berikut adalah 5 keunggulan Thunderbolt, yang layak untuk diketahui:

  1. Super cepat dalam mentransmisi data. Thunderbolt menggabungkan kemampuan PCI Express (PCIe) dan protokol Display Port, dan mampu bidireksional mentransfer data antara komputer dan peripheral dengan kecepatan 10 Gbps, cukup cepat untuk mentransfer panjang film Blu Ray di bawah 30 detik, dan lebih dari dua kali lebih kecepatan USB 3.0 (4,8 Gbps).
  2. Menjawab Teka-teki. Meskipun awalnya diposisikan Intel Light Peak sebagai teknologi optik, namun iterasi pertama akan menggunakan kabel tembaga. Selain teknologi murah dan tentunya mengkonsumsi energi dengan lebih ringkas.
  3. Masa depan akan lebih cepat. Intel telah menyatakan bahwa, dalam dekade berikutnya, dimungkinkan untuk teknologi Thunderbolt untuk akhirnya skala sampai dengan kecepatan 100 Gbps. (Namun, Ini tidak mungkin bahwa kecepatan ini dapat dicapai tanpa kabel optik)
  4. Re-port untuk bertugas. Meskipun Thunderbolt dirancang untuk bekerja dengan protokol transmisi, namun port khusus harus dirancang untuk mengambil keuntungan penuh dari kemampuan kecepatan. Port Thunderbolt di MacBook baru identik dengan Mini Display Port jack, sehingga setiap Mini-Display Port kabel atau adaptor-harus bekerja di dalamnya.
  5. Keajaiban miniaturisasi. Thunderbolt telah dimungkinkan oleh Intel miniaturisasi transceiver optik yang diperlukan, yang mengubah listrik untuk cahaya dan sebaliknya.


1 comments:

teguh said...

masih belum terjangkau kayaknya,,, karena hanya ada diproduk mahal dowank

Post a Comment