Saturday, 21 June 2014

FileDiva - File Sharing Search Engine Terbaik

Mencari sebuah file di internet adalah gampang-gampang susah. Biasanya user akan memanfaatkan search engine umum seperti google, yahoo, atau bing untuk melakukan searching file. Tetapi di sini saya akan sharing sebuah website search engine, tapi khusus untuk searching file saja. Memang beberapa web file storage sudah menyediakan search engine bawaan seperti 4shared misalnya. Tetapi terkadang kita ingin mencari secara global tapi tetap spesifik, maka FileDiva jawabannya.


Beralamat pada http://www.filediva.com/FileDiva sebenarnya merupakan sebuah file meta search engine untuk download berbagai tipe file melalui internet. FileDiva terkoneksi dengan banyak website lainnya dan berfungsi sebagai jalan pintas ke berbagai website file hosting populer seperti Uploaded, Rapidgator, MediaFire, FileFactory, BitShare, 4shared, Mega, Rapidshare, Turbobit, Extabit, dan masih banyak lagi.


Sejatinya FileDiva seperti slogannya hanya menggabungkan beberapa file search engine yang kemudian ditampilkan bersamaan seperti FilesTube, FileTram, ShareDir, FileWatcher, dan lainnya. Ini tentu saja memudahkan kita untuk mencari sekaligus tanpa harus membuka website individual satu per satu.


Pada sisi kiri website terdapat fasilitas filter dan klasifikasi yang akan memudahkan user. Berikut adalah fitur secara garis besar dari FileDiva:
  • Filediva is fully secure. It never asks for your personal information
  • It is free. No need to pay any membership fee
  • Filediva search the files through 50+ file sharing sites
  • Filediva sorted out the files by relevance and date

Sebenarnya sebuah website file search engine seperti FileDiva sangat menarik, kemudahan yang diberikan kepada banyak user adalah sebuah nilai positif. Tetapi di satu sisi, website seperti ini secara tidak langsung sangat rentan hubungannya dengan pelanggaran hak cipta atau copyright infringement yang sering terjadi pada dunia file sharing. Liat saja kasusnya FileCrop dimana sebuah web file search engine di shutdown oleh kepolisian Inggris. Banyak yang kontra dengan hal ini, karena copyright infringement bukan semata-mata kesalahan pihak FileCrop sebagai jasa search engine. Tetapi apapun itu gunakan lah dengan bijak.

0 comments:

Post a Comment